Disdukcapil Kapuas Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

KUALA KAPUAS, IB – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas melaksanakan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) serta penandatanganan fakta integritas, yang mana disaksikan dan ditandatangani secara langsung oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Selasa (15/9/2020) pagi di Aula Bappeda Kapuas.

Selain itu, saksi yang ikut menandatangani yaitu Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kapuas H Badriansyah, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kapuas Ruslan Hendra Irawan, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Muhammad Isna Wahyudi, Perwakilan dari Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas, Kasatbinmas Polres Kapuas IPTU Imam Sahrofi, Danramil 04 Selat Kapten Inf. Amir Djaha, Inspektur Kabupaten Kapuas Heri Bowo, Camat Selat Slamet Riyadi, Lurah Selat Tengah Yusak Rabin dan Kepala Desa Pulau Telo Samsul Arif.

Kemudian, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas Ilham Anwar bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas, sejumlah lurah dan kepala desa.

HM Nafiah Ibnor dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberhasilan pembangunan zona integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu, yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi, dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatan. Oleh itu, dirinya berharap agar instansi pemerintah mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Hal ini menjadi perhatian kita bersama bahwa pencanangan pembangunnan zona integritas adalah langkah awal dan bagian dari mensukseskan reformasi birokrasi, dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif, efisien, pelayanan prima dan memuaskan,” ucap H M Nafiah.

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Wakil Bupati Kapuas itu bahwa reformasi birokrasi yang menjadi komitmen seluruh institusi beserta aparatur pemerintah dan pelayanan publik, dapat dinilai dari seberapa besar perubahan mendasar yang dilakukan secara bertahap. yang diharapkan mampu membentuk karakter aparatur birokrasi secara pribadi maupun kelembagaan yang nantinya dampak positif perubahan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Saya menegaskan bahwa pencanangan pembangunan zona integritas ini merupakan upaya penting kita bersama, karena mencerminkan tekad dan komitmen kita bersama untuk menjadikan wilayah ini bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,” kata Wakil Bupati Kapuas.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Kapuas Dra Ruseni yang pada kesempatan itu membacakan deklarasi komitmen bersama untuk melaksanakan zona integritas bersama dengan seluruh jajarannya itu menerangkan bahwa Disdukcapil Kabupaten Kapuas telah melakukan penataan dan perbaikan pada enam area perubahan pelaksanaan reformasi birokrasi dan zona integritas yaitu area manajemen perubahan, area tatalaksana, area penataan sistem manajemen sumber daya manusia, area penguatan akuntabilitas, area penguatan pengawasan dan area peningkatan kualitas pelayanan publik. Seluruh area yang dibenahi itu akan dapat dilihat hasilnya melalui hasil survey persepsi anti korupsi dan survey kualitas pelayanan publik.

“Kami sangat mengharapkan dukungan Bupati Kapuas, seluruh Forkopimda Kabupaten Kapuas, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk selanjutnya menjadi saluran informasi terdekat kepada masyarakat dalam melakukan pengawasan kepada kami baik secara internal maupun eksternal. saran perbaikan sangat kami harapkan untuk peningkatan kualitas pelayanan kami,” ucap Kadis Dukcapil Kapuas itu.

Kemudian, Dra Ruseni juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan atas berjalannya pembangunan zona integritas pada Disdukcapil Kapuas seraya berharap agar dirinya berser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *