Pulang Pisau Peringkat Satu Se-Indonesia Capaian Sasaran Vaksinasi

https://www.inovasiborneo.com – Pulang Pisau – Kick off vaksinasi Covid-19 telah dilakukan di Kabupaten Pulang Pisau tepatnya, Jumat (15/01/2020).

Hingga Jumat (22/01/2020), Kabupaten Pulang Pisau tercatat sebagai peringkat satu (1) capaian sasaran vaksin tahap pertama se-Indonesia.

Dari target jumlah peserta yang divaksin sebanyak 902, per Jumat (22/012020) jumlah peserta tenaga kesehatan yang sudah divaksin mencapai 493 atau 57,65 persen.

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengatakan, keseriusan kabupaten Pulang Pisau dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 tahap pertama telah terlaksana sesuai harapan.

“Pulang Pisau peringkat satu se-Indonesia di atas Kabupaten Semarang dengan capaian 53,07 persen per tanggal 22 Januari 2021 lalu”, katanya, Minggu (24/01/2020).

Edy Pratowo mengaku bersyukur bahwa animo tenaga kesehatan untuk divaksin cukup besar dan Vaksinasi di Kabupaten Pulang Pisau sudah dimulai dari pihaknya dengan harapan vaksinasi bisa terus diintensifkan, sehingga seluruh tenaga kesehatan sampai yang terujung (wilayah pelosok) mendapatkan vaksinasi ini.

“Karena mereka adalah ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan”, tuturnya.

Dia menjelaskan, dengan adanya vaksinasi ini mampu meningkatkan optimisme dan rasa percaya diri. Imun tubuh seseorang juga bisa meningkat setelah divaksin.

“Sebelumnya kita memang merasa waswas dan rasa takut dengan adanya persebaran Covid-19”, ucapnya.

Edy Pratowo berpesan kepada semua tenaga kesehatan sebagai garda terdepan melawan Covid-19 tak perlu ragu – ragu untuk divaksin. Karena menurutnya vaksinasi akan menciptakan antibodi yang sangat bermanfaat untuk melindungi nyawa sebagai garda terdepan dalam mengatasi Covid-19.

Edy Pratowo juga berharap, setelah pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan sukses terlaksana, selanjutnya giliran masyarakat Kabupaten Pulang Pisau mendapatkannya pada nantinya dari 70 sampai 80 persen. untuk mencapai target tersebut, Edy Pratowo meminta seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Pulang Pisau untuk gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi Covid-19.

Edy Pratowo sampaikan pula, untuk menyukseskan gerakan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau, pihaknya meminta dukungan Primary Care (P-Care).

“Karena semua akan tercatat dan terlapor di sistem,” ungkapnya.

Selanjutnya, disampaikannya pula, dengan keluwesan surat dari Menteri Kesehatan yang menyatakan kapan pun dan di mana pun bisa vaksin, tentu pihaknya akan berusaha agar yang belum menerima vaksin bisa divaksin.

Edy menambahkan, tim juga akan melakukan screening terhadap yang sebelumnya tertunda divaksin karena alasan tertentu.

“Bila memenuhi kriteria, harus segera divaksin”, tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan vaksinasi kepada para tenaga kesehatan.

“Hingga Jumat (22/01/2020), jumlah tenaga kesehatan yang sudah divaksin sebanyak 493. Dan pada Sabtu (23/012020) ada tambahan 50 tenaga medis yang divaksin. Kemauan tenaga medis untuk divaksin sangat tinggi”, ungkapnya.

Dia menargetkan vaksinasi Covid-19 kepada para petugas medis bisa diselesaikan pada akhir Januari nanti. Data yang sudah divaksin tidak main -main, karena langsung terkoneksi ke pusat. Jadi data yang sudah divaksinasi ini tersentral di pusat. (Penulis Drt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *