HUT ke-75 TNI Secara Virtual

PalangkaRaya IB-Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya mengikuti upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara virtual melalui konferensi video dari Aula Makorem 102/PJG, Kota Palangka Raya, pada Senin, 5 Oktober 2020.

Tampak pula hadir mengikuti upacara virtual HUT ke-75 TNI dari Aula Makorem tersebut, diantaranya Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prov. Kalteng Abdul Razak, Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Mukri, dan Kabinda Brigjen Pol Slamet Urip Widodo.

Upacara Peringatan HUT ke-75 TNI ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo selaku Inspektur Upacara. Turut hadir langsung dalam upacara di Istana Negara tersebut, yakni Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin,  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Tampak pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga Pimpinan Matra TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Meski berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, upacara HUT TNI yang digelar secara terbatas dan terpusat di Istana Negara Jakarta tetap berlangsung khidmat, dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat, karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Upacara ini diikuti secara virtual oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga Negara, para Kepala Daerah, Forkopimda, serta seluruh jajaran TNI di pelosok tanah air. Tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-75 TNI tahun ini adalah “Sinergi untuk Negeri”.

Pada awal amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan HUT ke-75 TNI. “Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari ulang tahun TNI ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia,” kata Presiden.

Selanjutnya, Presiden pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI yang selalu siap memenuhi panggilan tugas, setia mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui OMP (Operasi Militer untuk Perang) tetapi juga melalui OMSP (Operasi Militer Selain Perang), yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini,” tutur Presiden.

Presiden kemudian berharap para prajurit TNI dapat selalu terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme, serta kesiapsiagaan untuk menerima tugas. “Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jaga terus kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jadikanlah sinergi sebagai kekuatan membangun negeri, membawa Indonesia menjadi negara maju. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia,” pungkas Presiden.

Lebih lanjut, dalam keterangan persnya Plt. Gubernur Kalteng menyampaikan ucapan ulang tahun dan apresiasi kepada TNI. “Kita ucapkan dirgahayu TNI yang ke-75.

Memang peran TNI kita lihat sangat banyak, bukan saja menjaga kedaulatan NKRI, tetapi juga TNI aktif di tengah-tengah masyarakat, dalam penanganan segala kasus apapun, dari karhutla, banjir, bahkan penanganan Covid-19.

Kita lihat peran TNI sangat vital, dan kita memberikan apresiasi pada TNI yang benar-benar dekat dengan masyarakat, selalu ada di tengah-tengah rakyat, dan bersinergi dengan siapa saja, dalam hal menjaga NKRI,” ungkap Plt. Gubernur Habib Ismail Bin Yahya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *