Bangun SDM Generasi Muda, Kodim 1014/Pbn Gelar Komsos Kreatif Turnamen Seni Pencak Silat

Kotawaringin Barat,IB– Sabtu (27/6/20) – Untuk membangun sumber daya manusia khususnya generasi muda yang kreatif, Kodim 1014/Pangkalan Bun menyelenggarakan Turnamen Seni Bela Diri Pencak Silat bertempat di lapangan apel Makodim 1014/Pbn. Kegiatan yang dilaksanakan kemarin ini juga dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif.

Turnamen yang digelar bekerja sama dengan IPSI Kobar ini dibuka oleh Dandim 1014/Pbn, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu. Serta dihadiri oleh Pasi Ter Kodim 1014/Pbn, Kapten Inf Mulyono, para Pengurus Daerah Kab. Kobar Perguruan Pencak Silat Kera Sakti serta para atlet.

Turnamen ini diikuti para pesilat dari Perguruan IKSPI Kera Sakti Cabang Kobar. Yang mana masing‐masing peserta menampilkan aspek seni Beladiri Pencak Silat secara utuh dalam bentuk tampilan, gerakan ataupun jurus dan komite. Untuk dewan juri sendiri ditunjuk dari para pelatih Perguruan Kera Sakti.

Dandim 1014/Pbn, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu sekaligus Ketua Pelaksana Turnamen menjelaskan, tujuan dari turnamen seni bela diri ini merupakan salah satu untuk meningkatkan motivasi dalam rangka membentuk sumber daya manusia kreatif, inovatif dan adaftif.

Adapun sasaranya adalah perguruan Pencak silat yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi dengan komponen masyarakat seperti perguruan pencak silat.

“Bukan untuk mencari juara, tapi untuk meningkatkan motivasi terhadap para peserta yang mengikuti. Dengan harapan agar generasi muda bisa dibina mentalnya agar kreatif dalam mengembangkan sumber daya manusia yang lebih unggul,” ucapnya.

Letkol Inf Yudi Rianto Ratu berharap, melalui kreatifitas seni bela diri pencak silat, generasi muda secara umum dapat berpartisipasi dalam bidang pertahanan, cinta NKRI demi kemajuan bangsa melalui pelestarian kesenian tradisional serta melalui kegiatan positif.

“Hingga dapat membangun semangat belajar, bekerja dan berkarya untuk mencapai sebuah prestasi sehingga melahirkan para generasi muda yang lebih unggul,” harapnya.

Ia juga berpesan, “Dengan adanya wabah Covid- 19 ini, mari kita selalu disiplin untuk mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun guna mencegah penularan Covid-19,” pesannya.

Diakhir kegiatan dilaksanakan penyerahan hadiah oleh Pasi Ter Kodim berupa Piagam Penghargaan dan uang pembinaan kepada para pemenang. Diantaranya, juara pertama Sarif, juara kedua Iqbal, dan juara ke tiga Triwardah, ketiganya merupakan pesilat dari Perguruan IKSPI Kera Sakti. (Pendam XII/Tpr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *