Disbun Prov. Kalteng Selegarakan Pelatihan Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System – GIS)

Palangka Raya – http://Inovasiborneo.co.id-Dinas Perkebunan (Disbun) Prov. Kalteng kembali menyelenggarakan pelatihan Sistem Informasi Geografis  (Geographic Information System – GIS) yang dilaksanakan selama dua hari pada 21-22 Juli 2022 di Hotel Luwansa Palangka Raya. Pelatihan ini dibuka oleh Plt. Kadisbun Prov. Kalteng H Rizky R Badjuri pada Kamis (21/7/2022). 

Pelatihan Sistem Informasi Geografis dasar untuk Surat Tanda Daftar Usaha Budidaya (STDB) ini merupakan kerja sama antara Disbun Prov. Kalteng dengan United States Agency for International Development  (USAID) Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) dan Sawit Watch. Pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan dinas yang membidangi pertanian dan perkebunan di kabupaten/kota se-Kalteng. 

Tingkatkan Kemampuan SDM, Disbun Prov.  Kalteng Selenggarakan Pelatihan GIS

Peserta Sitem Informasi Geografis dasar pelatihan STDB

Dalam sambutannya Plt. Kadisbun Prov. Kalteng menjelaskan, “Sejak tiga dekade yang lalu dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah, Pemerintah tidak memiliki data dan informasi menurut nama, menurut alamat, dengan pengelolaan lahan perkebunan sawit oleh rakyat, sehingga tidak lengkap serta kurang akuratnya data dan informasi, dapat menyebabkan berbagai masalah antara lain kebijakan yang salah sasaran.”

Menurutnya, GIS memiliki peran penting di era pembangunan seperti sekarang ini. Pelatihan GIS perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Daerah, khususnya petugas dinas yang membidangi perkebunan, untuk mendukung percepatan pendataan, pemetaan, dan penerbitan STDB bagi perkebunan sawit rakyat di Kalteng.

Tingkatkan Kemampuan SDM, Disbun Prov.  Kalteng Selenggarakan Pelatihan GIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *