Rentan Terinfeksi, Gubernur Kalteng Ingatkan Kelompok Lansia

Palangka Raya – IB-Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang juga selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan bahwa kelompok lansia (lanjut usia) dan komorbid (memiliki penyakit penyerta) memiliki daya tahan tubuh yang rentan terinfeksi Covid-19 (Virus Corona), hingga dapat berakibat fatal.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sugianto Sabran dalam rilis pers (press release) data perkembangan terkini penanganan kasus Covid-19 di Kalteng yang disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Tim Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Kalteng dr. Caroline Ivonne pada hari Sabtu sore, 5 September 2020, bertempat di Gedung Smart Province, Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Prov. Kalteng, Palangka Raya.

“Sejumlah pasien Covid-19 lansia dan dengan penyakit penyerta seringkali mendapat bantuan ventilator saat dirawat. Dan, mereka yang meninggal juga didominasi oleh kelompok ini,” ungkap Gubernur Sugianto Sabran melalui Juru Bicara Satgas Covid-19 Kalteng dr. Caroline Ivonne.

Dijelaskan kemudian dalam rilis pers tersebut, agar terhindar dari Covid-19, para lansia dan kelompok komorbid (seperti pasien diabetes, jantung, gagal ginjal, stroke, dan hipertensi) dianjurkan untuk dapat melakukan 10 hal sebagai berikut :

  1. Di Rumah Saja, Usia di atas 50 tahun dengan penyakit penyerta diminta untuk tetap berada di rumah lebih banyak dibanding di luar rumah. Kurangi aktivitas di luar rumah jika tak penting.
  2. Daya Tahan Tubuh, Tingkatkan daya tahan tubuh sebaik mungkin. Hindari garam, gula, dan lemak berlebihan.
  3. Konsumsi Suplemen, Jika diperlukan bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin. Tapi wajib konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  4. Tetap menjaga jarak dan hindari kerumunan.
  5. Cuci Tangan, Sering mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun. Atau memakai hand sanitizer.
  6. Gunakan Masker yang baik dan benar menutupi dagu, mulut, dan hidung.
  7. Jangan Menyentuh Daerah Permukaan Wajah Seperti mata, hidung, dan mulut saat tangan masih kotor.
  8. Olahraga, Lakukan aktivitas fisik 30 menit per hari. Kurang gerak bisa menurunkan imunitas. Intensitas fisik bisa menghindari infeksi Covid-19.
  9. Istirahat, Tidur cukup selama 6-8 jam akan menjaga imun tubuh.
  10. Hindari Stres, Saat ada masalah, bicarakan dengan keluarga. Saling menguatkan. Perbanyak ibadah, baca buku, dengarkan musik dan jangan cemas. Hindari mitos serta hoax.

Dalam rilis pers itu, Gubernur Kalimantan Tengah selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng melalui Juru Bicara dr. Caroline Ivonne juga menyampaikan jumlah akumulasi data sampai dengan hari ini Sabtu, 05 September 2020. “Pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah bertambah sebanyak 51 orang, dengan total kasus mencapai 2.722 orang. Pasien dinyatakan sembuh sebanyak 12 orang dan pasien dinyatakan meninggal dunia sebanyak 111 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 4,1 persen,” bebernya.

Selanjutnya, dalam rilis pers tersebut disampaikan bahwa Gubernur Sugianto Sabran tidak henti-hentinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Ingat, Wajib 4M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan agar Covid-19 ini segera berakhir di Kalimantan Tengah dan seluruhnya,” pungkasnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *