Rakornis Penanganan Darurat Bencana Karhutla di Provinsi Kalteng Tahun 2020.

PalangkaRaya IB-Bertempat di Aula Kantor Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kalteng (BPB-PK) jalan Tjilik Riwut Km. 7,8 Kota Palangkaraya diadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Penanganan Darurat Bencana Karhutla di provinsi Kalteng tahun 2020.

Hadir dalam Rakornis tersebut,  Danrem 102/ Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili Ass II Provinsi Kalteng, Drs. H. Nurul Edy M.Si, Kapolda Kalteng diwakili Kabiro Ops, seluruh Dandim dan Kapolres yang berada di wilayah Kalimantan Tengah serta Instansi terkait lainnya.
Dalam sambutan Gubernur yang dibacakan Ass II Perekonomian dan Pembangunan Sekda Pemprov Kalteng Drs. H. Nurul Edy M.Si mengatakan, Gubernur Kalteng telah menetapkan Status siaga darurat Bencana Karhutla di wilayah Kalteng melalui surat keputusan nomor : 188.44/258/2020 tgl 30 Juni 2020 selama 90 (sembilan puluh) hari mulai 1 Juli s.d. 28 Sept 2020.

Berdasarkan data BPB-PK Kalteng, Pemkab/kota yg telah menetapkan status siaga darurat bencana Karhutla ada 9 Kab. dan 1 Kota. Dimana komandan penanganan berada pada Gubernur dan Bupati/Walikota di tingkat provinsi dan Wakil Komandan berada pada Danrem/Kapolda tingkat Provinsi dan Dandim dan Kapolres pada tingkat Kabupaten. 


Sementara itu dalam paparan dari Narasumber Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto menyampaikan tentang dukungan TNI dalam penanganan darurat bencana Karhutla, meliputi Posko harus ada di wilayah sehingga semua data harus ada di posko, penanganan Karhutla sudah berjalan dengan baik dan perlu kita benahi bersama.

BPBD Kab/Kota dan Prov harus melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, terutama Koramil dan Polsek untuk sarana dan prasarana harus dipenuhi karena personil harus selalu siaga di tempat, satgas udara Kalteng ada dukungan 10 helikopter dan pergerakan Satgas Udara atas perintah ketua Harian Satgas Karhutla dan atas permintaan dari  Satgas Darat bukan atas dasar permintaan Masyarakat atau perusahaan, terang Danrem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *