Wabup HM Nafiah Ibnor Hadiri Tindak Lanjut Kick Off Sensus Penduduk Tahun 2020.

KUALA KAPUAS, IB – Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menghadiri acara tindak lanjut kick off sensus penduduk 2020 (SP2020) se-Kalteng pada pukul 10.00 WIB. Namun dikarenakan acara tersebut diundur menjadi pukul 13.00 WIB, mengakibatkan Wakil Bupati Kapuas tidak dapat hadir dan digantikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas Ilham Anwar serta turut hadir Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Kapuas Sipie S Bungai, Kepala Badan Pusat Statistik Hery, serta Kepala Bidang Statistik Kominfo Kapuas Siti Wuryani, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Senin (31/08/2020) Siang.

Pada tahun 2020 ini merupakan sensus penduduk yang ke 7, serta sensus penduduk online telah dilakukan pada 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2020. SP2020 online di Provinsi Kalimantan Tengah telah mengumpulkan informasi dari 266.891 jiwa pendududk atau sebesar 9,94 persen dari total penduduk di Kalimantan Tengah. Jumlah penduduk ini berasal dari 70.309 keluarga atau 8,69 persen dari total keluarga di Kalteng.

“Capaian tersebut tentunya merupakan hasil kerja bersama, kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi penghargaan atas dukungan seluruh lapisan masyarakat Kalteng, serta koordinasi dan konsolidasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah”, kata Kepala BPS Provinsi Kalteng Yomin Tofri saat membacakan sambutannya.

Akibat dari pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran pemerintah, maka tata kelola SP2020 diganti salah santunya adalah pengunduran jadwal kegiatan lapangan yang berawal Juli 2020 menjadi September 2020.

“SP2020 September dilakukan untuk kembali menyisir dan mencatat seluruh penduduk yang belum berpartisipasi pada SP2020 online di seluruh Indonesia, khususnya Provinsi Kalteng. Sehingga nantinya, hasil yang diharapkan dari SP2020 adalah tersedianya data jumlah, komposisi, dan distribusi penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia,” ucap Yomin Tofri.

Dalam SP2020 ini Kabupaten Kapuas sudah siap dengan jumlah petugas sensus 292 orang serta sebelum kelapangan para petugas sensus sudah dilakukan rapid test untuk memenuhi protokol Kesehatan.

“Kami dari Pemda kapuas siap mendukung pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini semoga sukses untuk 1 data kependudukan indonesia yang kita cintai, walaupun Kabupaten Kapuas ini cukup luas yang terdiri dari 17 kecamatan, 214 desa dan 17 kelurahan. Mudah-mudahan dalam waktu satu bulan yang cukup singkat ini Kabupaten Kapuas dapat melaksanakan sensus penduduk 2020 dengan maksimal”, ucap Asisten 1 Ilham Anwar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib H. Said Ismail mengharapkan dalam satu bulan ini petugas-petugas lapangan benar-benar mengerti lapangannya, medannya, dan juga dilengkapi segala fasilitas-fasilitasnya. Kemudiam selalu melakukan sinergi kordinasi dari Kepala Desa, Lurah, Camat, bahkan RT diseluruh Kalimantan Tengah untuk mensosialisakikan untuk sensus penduduk 2020 dan juga berperan aktif untuk bertanya kepada masyarakatnya apakah sudah ada petugas sensus yang datang.

“Dalam tempo satu bulan ini kita harapkan petugas-petugas lapangan benar-benar sudah mengerti lapangannya, medannya dan juga dilengkapi segala fasilitas-falisitas yang dibutuhkan dan saya juga mengharapkan sinergi kordinasi dari Kepala Desa, Lurah, Camat, bahakan RT diseluruh Kalimantan Tengah untuk bisa mensosailisakan untuk sensus penduduk 2020 ini serta peran aktif dari Kepala Desa, Lurah dan RT untuk bertanya kepada masyarakatnya apakah sudah ada petugas sensus yang datang”, ucap Said Ismail.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *