Dinsos Pastikan BLT APBD Bagian Hulu Akan di Salurkan Pada Gelombang ke Empat

KUALA KAPUAS, IB – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Sosial mempersiapkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk wilayah Kecamatan bagian hulu seperti Kecamatan Pasak Talawang, Kecamatan Mandau Talawang, Kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Kapuas Hulu. Kepala Dinas Sosial Kapuas Budi Kurniawan mengungkapkan, bantuan tersebut dipastikan akan masuk dan disalurkan pada gelombang keempat.

Lebih lanjut, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (28/8/2020) mengatakan sampai saat ini hanya beberapa desa yang menyampaikan data usulannya, sementara itu data usulan tersebut selanjutnya harus di verifikasi sesuai dengan Surat Edaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tujuannya adalah mengingatkan pihak terkait bahwa data Nomor Induk Kependudukan (NIK) harus diverifikasi melalui Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Karena semua harus diketahui oleh pusat apakah NIK nya valid atau tidak, apabila dianggap tidak valid berarti data yang kita ajukan dianggap fiktif, karena yang mempertanggung jawabkan semuanya adalah pengusulnya yaitu kami dari Dinas Sosial,” tuturnya.

Kemudian, Budi menjelaskan, untuk wilayah daerah pasang surut sudah semua dijalankan, sekitar 23.700 yang sudah disalurkan dan sisanya wilayah bagian hulu sekitar 5 ribu bantuan dan itupun dilakukan secara bertahap dilihat dari kemampuan daerah juga.

“Mereka masyarakat di hulu sana paham dengan kondisi wilayahnya dan pemerintah akan terus mencari solusinya. Kami sedang memproses data yang sudah masuk, kalau sudah selesai prosesnya nanti akan kita salurkan. Dalam proses sekitar 5 ribu yang di verifikasi,” jelas Budi.

Dirinya menuturkan, perhatian pemerintah baik pusat, daerah dan desa cukup besar terhadap pandemi ini, artinya dengan adanya bantuan diharapkan masyarakat lebih produktif dan jangan hanya berharap dari bantuan saja apabila ingin produktif ditengah keadaan seperti ini. Ia menekankan, bantuan ini hanyalah sebagai stimulan mendorong supaya masyarakat siap dan bisa memasuki masa normal baru.

Bantuan BLT-APBD ini merupakan bentuk kepedulian Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat kepada masyarakat Kabupaten Kapuas. Untuk itu, ia pun berharap dengan bantuan yang ada ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Paling tidak bisa menjadi stimulan masyarakat untuk bisa produktif kembali selama masa pandemi dan harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *