Kepala Desa Gohong Berharap Kepada Presiden Republik Indonesia BRG tetap Berlanjut..

Pulang Pisau, -IB- Adanya wacana Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, melakukan pengurangan beberapa lembaga di pusat dan tercentil salah satunya lembaga Badan Restorasi Gambut (BRG), membuat Kepala Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah menyuarakan testimoninya tentang lembaga BRG.

Menurut Yanto L Adam yang merupakan juga Ketua Asusiasi Pemerintahan Desa Seindonesia (Apdesi) Kabupaten Pulang Pisau, pada tahun 2015 tepatnya menghadapi kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang besar.

Kerugian Pemerintah dan masyarakat cukup besar waktu itu, kata Yanto L Adam saat media ini temui di ruang kerja kantor desanya, Jum’at (17/07/2020). kerugian itu baik itu terbakarnya kebun, Hutan dan Lahan serta kabut asap yang mengganggu aktivitas dan pernapasan hingga berdampak ke negara tetangga.

Dengan terbentuknya BRG pada tahun 2016, khususnya masyarakat desa wilayah lahan gambut Kata Yanto L Adam, merasakan manfaatnya, seperti dibeberapa desa ditetapkan desa peduli gambut hingga mendapatkan program berupa dibuatnya sumur bor dan sekat kanal.

“Manfaat sumur bor itu dapat mengantisipasi terjadinya karhutla khususnya dimusim kemarau,” ujarnya.

Adapun sekat kanal tambahnya menjelaskan, cukup membantu yangmana apabila pada musim kemarau airnya tidak akan habis karena mampu untuk menampung debit air.

Secara singkatnya Yanto L Adam berharap kepada Presiden Republik Indonesia agar Lembaga BRG tetap berlanjut kedepan.(Drt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *