Inilah Cara Kerja Protokol 2 Posku Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau

Pulang Pisau -IB- Sebagaimana berita sebelumnya, akhirnya Media ini mendapatkan Konfirmasi dari Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau yakni Cara Kerja Protokol 2 posko Perbatasan antara Desa Mintin dan Kabupaten Kuala Kapuas serta Desa Gohong tepatnya di depan Balai Benih Ikan (BBI), Senin (06/04/2020)

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, Tugas protokol yakni :

  1. Setiap mobil yang memasuki Pulang Pisau akan diberhentikan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau.
  2. Petugas akan menanyakan apakah akan singgah atau menuju daerah – daerah di Kabupaten Pulang Pisau atau hanya melintas saja.
  3. Bila hanya melintas saja, dipersilahkan lewat, tetapi bila singgah atau akan memasuki wilayah – wilayah di Kabupaten Pulang Pisau, sopir, karnet dan seluruh penumpang diminta turun dari kendaraan dan diarahkan untuk menunjukan identitas/KTP dan pemeriksaan kesehatan.
  4. Setiap penumpang wajib dilakukan pemeriksaan administrasi oleh gugus tugas covid-19 Kabupaten Pulang Pisau.
  5. Setelah selesai pemeriksaan administrasi dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa
    a. pengecekan suhu dengan thermometergon
    b. anamnese dan pemeriksaan kesehatan
  6. Bila dari hasil pemeriksaan kesehatan penumpang dikategorikan srbagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) covid-19, maka yang bersangkutan diberikan pilihan :

a. kembali ke daerah asal
b. masuk ke wilayah kabupaten pulang pisau tetapi bersedia menjalani karantina selama 14 hari didampingi Tim Kesehatan Posko Gugus Tugas Covid-19 serta dikawal oleh Kepolisian Resort Pulang Pisau

7.Bila dari hasil pemeriksaan kesehatan penumpang dinyatakan Orang Dalam resiko (ODR) maka yang bersangkutan diperbolehkan masuk ke wilayah di Kabupaten Pulang Pisau dengan ketentuan :

a. Yang bersangkutan melapor ke Puskesmas di tempat tinggalnya
b. Puskesmas melakukan pengawasan pada ODR tersebut selama 14 hari dan melaporkan ke POSKO covod-19 Kabupaten Pulang Pisau.

“Tugas protokol itu di tanda tangani ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau Edy Pratowo pada 2 April 2020 Edy Pratowo yang merupakan juga Bupati Pulang Pisau” tutup dr Mul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *