Bentuk Dukungan Terhadap Penanganan Kebakaran Karhutla BPBPK Melakukan Pemadaman Karhutla di Jalan Trans Desa Tumbang Nusa

Palangka Raya http://inovasiborneo.co.id– Sebagai upaya dan juga bentuk dukungan terhadap penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah bersama  stakeholder terkait melakukan pemadaman karhutla di Jalan Trans Kalimantan, Km 32 Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (20/6/2024).

Kepala Pelaksana BPBPK Prov. Kalteng, Ahmad Toyib mengatakan bahwa kondisi karhutla yang terjadi di lokasi tersebut sudah terjadi sejak 18 Juni 2024 dan sudah dilakukan penanganan yang dilaksanakan oleh Tim Respon BPBPK Prov. Kalteng, Damkar Dishut Prov. Kalteng, TNI/Polri, BPBD Kab. Pulpis, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Jabiren.

“Luas lahan yang terbakar tersebut diperkirakan 3,74 Ha, luas lahan yang di padamkan sekitar 0,57 Ha. Status lahan kosong, untuk potensi penyebaran karhutla terpantau nihil, dan di lokasi lahan tersebut ada tiang sutet PLN,” jelasnya.

“Alhamdulilah, kondisi terakhir lokasi Karhutla tersebut hari ini sesudah dilakukan pemadaman, sudah padam tuntas,” pungkasnya.

BPBPK Prov. Kalteng Dukung Pemadaman Karhutla di Desa Tumbang Nusa

Lahan Gambut yang mengalami Kebakaran dan Usai di Padamkan Oleh Petugas

Sebagai informasi, berdasarkan data yang telah dihimpun Pusdalops PB, untuk kejadian Karhutla di Kalteng mulai tanggal 1 Januari sampai dengan 19 Juni 2024 yakni Titik Hotspot berjumlah 509 titik, kejadian karhutla ada 54 kali kejadian, dan luas yang terbakar seluas 73,52 Ha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *