Pemprov Kalteng Launching Karisma Event Nusantara (KEN) 2023

Jakarta – http://inovasiborneo.co.id-Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Adiah Chandra Sari  menghadiri  launching Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), bertempat di kawasan Plaza Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (28/1/2023). Kehadiran Kepala Disbudpar sebagai perwakilan dari Pemprov. Kalteng. Launcing dibuka secara resmi oleh Menteri Kemenparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno.

Pada kesempatan ini, Kalteng patut berbangga karena Tari Babukung dari Kabupaten Lamandau diundang menjadi salah satu penampil pada acara tersebut.

Acara launching dirangkai dengan berbagai macam penampilan dari berbagai sub-sektor ekonomi kreatif dari berbagai daerah di Indonesia yang dilaksanakan sejak pagi hari. Dalam launching ini, dua event Kalteng juga masuk di kalender event pariwisata nasional yaitu Festival Budaya Isen Mulang dan Festival Babukung.

Festival Babukung dan Festival Budaya Isen Mulang Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

Kepala Dinas Adiah Chandra Sari dan tim tari Kab. Lamandau beserta officials pada launching KEN 2023, Sabtu (28/1/2023).

Sandiaga Uno dalam sambutannya menekankan kembali bahwa program Presiden Republik Indonesia bangga berwisata #diIndonesiaaja dengan target wisatawan 1,4 milyar kunjungan. Tahun 2023 merupakan tahun gerakan Nasional yang harus didukung oleh semua pihak dan banyak melibatkan masyarakat. Disampaikan pula seharusnya kegiatan-kegiatan (events) ini jangan dilaksanakan pada akhir tahun namun di awal tahun, agar pergerakan ekonomi di awal tahun membawa dampak yg baik bagi pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, Adiah juga menyatakan rasa syukur bahwa dari sekian ribu festival yang diajukan oleh seluruh Provinsi di Indonesia ke Kemenparekraf serta setelah melalui beberapa tahapan kurasi dan tahap paparan yang dilaksanakan secara daring. Dua kegiatan besar Kalteng bisa masuk dalam 110 event bergengsi dan berkualitas yang diakui secara Nasional yang masuk dalam KEN atau dulu lebih dikenal dengan Calender of Event (CoE) Indonesia. Diharapkan, di masa mendatang tidak hanya dua event saja yang masuk dalam KEN ini namun bisa lebih banyak lagi Kabupaten dan Kota yang mengusulkan kegiatan di daerahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *