Disbun Prov Kalteng Jalin Kerjasama Dengan Institut Pertanian Bogor

Disbun Prov Kalteng Tandatangani PKS dengan Institut Pertanian Bogor

Gubernur Kalimantan Tengah saat menyaksikan penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Disbun Prov. Kalteng dengan IPB, Kamis (12/1/2023)

Bogor –http://inovasiborneo.co.id– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimatan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan kerja yang diikuti Dinas Perkebunan (Disbun), dalam rangka menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kedatangan rombongan Pemprov. Kalteng disambut baik oleh Rektor IPB Arif Satria dan Plt. Dekan Sekolah Bisnis IPB Idqan Fahmi yang dipusatkan di Gedung Rektorat IPB, Kamis (12/1/2023).

Kunjungan kerja yang dilakukan Pemprov Kalteng, dengan maksud untuk menjalin kerja sama para pihak dalam rangka optimalisasi peningkatan, pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya perkebunan antara Prov. Kalteng dan Institut Pertanian Bogor,dalam upaya untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya perkebunan secara efektif dan efisien guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Disbun Prov Kalteng Tandatangani PKS dengan Institut Pertanian Bogor

Plt. Kepala Disbun Prov. Kalteng dan Plt. Dekan Sekolah Bisnis IPB tengah menandatangani Perjanjian Kerja Sama bidang perkebunan

Plt. Kepala Disbun Prov. Kalteng Rizky R. Badjuri mengatakan, perjanjian kerjasama ini sebagai objek pengelolaan potensi semberdaya perkebunan, dalam rangka pembangunan usaha perkebunan berkelanjutan.

“Perjanjian kerja sama ini dilaksanakan sesuai kewenangan para pihak, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terang Rizky.

Sebagai tidak lanjut dari kerja sama ini, dibuat suatu kesepakatan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak dengan ruang lingkup meliputi : pengembangan produk perkebunan ungulan spesifik lahan dan wilayah sebagai supply chain industri dan bahan ekspor; peningkatan kapasitas SDM; alih teknologi tepat guna terkait teknik pengelolaan usaha perkebunan; pengembangan teknologi informasi mencakup sarana/prasarana produksi dan tata kelola budidaya; kerjasama penelitian potensi data base usaha perkebunan; pengembangan jaringan pemasaran; pengembangan teknologi pengolahan dan ragam produk hasil perkebunan; pengembangan pelayanan pengujian mutu produk hasil perkebunan; informasi peluang usaha dan investasi sektor perkebunan; fasilitasi pelaku usaha sektor perkebunan dalam hal akses informasi dan potensi serta kemitraan usaha; monitoring dan evaluasi pelaksanaan kerjasama.

Pada akhir kegiatan dilakukan penandatanganan bersama PKS antara Plt. Kepala Disbun Prov. Kalteng dengan Plt. Dekan Sekolah Bisnis IPB, yang disaksikan langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi oleh ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran . (levri)/Edt:Ay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *