Menyikapi isu Ketahanan Pangan Gubernur Kalteng Lakukan Terobosan-terobosan Program Strategis

Momentum Harkannas ke-9, Gubernur Sugianto Sabran Dorong Seluruh Stakeholder Ikut Andil dalam Percepatan Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Kalteng

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran

Kalteng – http://inovasiborneo.co.id – Hari Ikan Nasional (Harkannas) diperingati pada tanggal 21 November setiap tahunnya. Di tahun 2022 ini, peringatan Harkannas dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam rangka memeriahkan Harkannas ke-9 tahun 2022 ini, Pemprov. Kalteng melalui Dinas Perikanan dan Kelautan menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan RI telah mengadakan lomba fotografi tingkat nasional. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng H. Darliansjah pada Minggu (20/11/2022), di Palangka Raya, mengatakan bahwa ikan dapat dijadikan sumber protein utama bagi pemenuhan gizi masyarakat, yang merupakan bagian dari ketahanan pangan, yang dipenuhi melalui pembangunan sentra budidaya, sentra pengolahan ikan dan sentra perikanan tangkap, seperti pembangunan Kawasan Shrimp Estate, penguatan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), penumbuhan Lewu Budidaya, penumbuhan Lewu Nelayan Berkah, dan pengolahan hasil perikanan. 

“Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mendorong seluruh jajaran Pemprov. Kalteng agar dapat bersinergi dalam menjawab isu dunia, antara lain ketahanan pangan yang dipengaruhi oleh ledakan penduduk, perang Ukraina dan perekonomian global yang tidak menentu yang harus disikapi di tengah pandemi COVID-19. Peringatan Harkannas ke-9 tahun 2022 ini dapat menjadi momentum strategis bagi percepatan pembangunan kelautan dan perikanan di Kalteng,” ucapnya. 

Lebih lanjut Darliansjah menambahkan, Gubernur Kalteng melakukan terobosan-terobosan melalui program strategis untuk menyikapi isu terkait ketahanan pangan. 

“Kalteng sebagai lumbung pangan nasional, selain memiliki Program Food Estate, tanaman hortikultura dan perternakan, sumber pangan masyarakat seperti ikan/udang juga sangat dibutuhkan,” ungkap Darliansjah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *