Gubernur Minta Masyarakat Kalteng Jaga Keharmonisan dalam Kehidupan Beragama

Kalteng-http://Inovasiborneo.co.id-. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allhahu Akbar, Laa Ilaaha Illahaahu Allahhu Akbar, Allahu Akabar Walillahil hamd. Gema takbir kembali berkumandang sejak Sabtu (9/7/2022) malam hingga Minggu (10/7/2022) pagi ini di Kota Palangka Raya dan sekitarnya, menandai kembali datangnya Hari Raya Iduladha yang dirayakan oleh seluruh umat Islam di dunia.

Pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah tahun 2022 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Kalteng menggelar kegiatan Salat Ied di Halaman Kantor Gubernur, Minggu (10/7/2022). Bertindak sebagai Khatib pada kegiatan ini adalah K.H. Ahmad Sanusi Ibrahim dan Imam Salat Prof. Dr. Alim Alim Al Alamah Al Habb Basim Bin Al Atthos.

Kegiatan yang digelar di pagi yang cerah ini dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo, Sekretaris Daerah Nuryakin, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Katma F. Dirun, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah. Tampak hadir pula dalam kegiatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng Ibu Ivo Sugianto Sabran beserta Ibu Nunu Edy Pratowo dan Ibu Anita Nuryakin.

Dalam sambutan yang disampaikan Wagub Edy Pratowo, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan bahwa Ibadah Kurban selayaknya dijadikan momentum untuk mengingatkan diri akan hidup yang tidak akan pernah sepi dari proses perjuangan dan pengorbanan.

“Menumbuhkembangkan spirit pengorbanan merupakan bagian mendasar dalam rangka pembentukan karakter masyarakat dan bangsa yang beradab,” ucap Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Wagub Edy Pratowo.

Selain mengajak masyarakat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui Ibadah Kurban, Gubernur Sugianto pada kesempatan kali ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur bangsa dan masyarakat Kalteng yang selama ini menjalin keharmonisan dalam kehidupan beragama dengan menjunjung tinggi semangat Huma Betang dalam bingkai NKRI.

“Semua itu harus kita pertahankan bahkan ditingkatkan agar dapat menopang kesenjangan sosial, hidup berdampingan dengan penuh ketenangan dan keharmonisan, sehingga dapat tertanam kasih sayang serta kepedulian di antara kita semua dalam suatu ikatan kekeluargaan dan persaudaraan yang semakin erat guna mewujudkan Kalimantan Tengah BerAkhlak penuh dengan KeBerkahan,” ajak Gubernur.

Hal senada disampaikan Wagub Edi Pratowo di hadapan awak media di sela kegiatan. Pada kesempatan itu, Wagub mengungkapkan bahwa Ibadah Kurban diharapkan mampu mempererat rasa persaudaraan.

“Memberikan rasa semangat yang tinggi, persatuan kita sesama umat Islam, sesama umat beragama untuk terus menjalin kebersamaan menjaga Ukhuwah Islamiyah di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Terkait merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak beberapa waktu terakhir ini, Wagub Edy Pratowo mengungkapkan bahwa pemotongan hewan kurban tetap diperbolehkan di Kalteng tahun ini.

“Tahun ini, kita juga membagikan 400 lebih hewan kurban. Kita bagikan kepada seluruh Kabupaten/Kota, dengan harapan hewan kurban ini akan memaknai, sebagai wujud nyata kita, kebersamaan kita, syukur kita, pada pelaksanaan Iduladha ini kita membagikan hewan kurban kepada masyarakat, pengurus masjid, dan organisasi lainnya untuk sama-sama merasakan perayaan Iduladha ini,” urai Wagub.

Ditambahkannya, pemeriksaan hewan kurban di Kalteng secara ketat telah dilakukan. “Sudah, tentunya hewan-hewan kurban ini memiliki sertifikat lolos dari PMK. Itu yang wajib hukumnya harus kita lakukan, aman,” pungkas Wagub Edy Pratowo.

Sementara itu, Ketua PHBI Provinsi Kalteng K.H. Abdul Wahid dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalteng beserta jajaran yang telah memberikan dukungan penuh untuk penyelenggaraan kegiatan pagi ini.

“Pada kesempatan ini, tentu kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam hal ini Bapak Gubernur Kalimantan Tengah, yang selalu men-support kegiatan PHBI Kalimantan Tengah, sehingga kegiatan ini dapat kita laksanakan,” ucapnya.

Ketua PHBI Provinsi Kalteng tersebut juga menginformasikan bahwa pada Sabtu (9/7/2022) malam, pihaknya bekerja sama dengan PHBI Kota Palangka Raya telah secara lancar dan sukses menyelenggarakan Pawai Takbiran dengan start dan finish di depan Asrama Haji Palangka Raya. Dikatakannya, para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang memilih 10 pemenang dengan hadiah utama 1 ekor sapi tersebut.(ran/frd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *