Perilaku Sehat 5M dan Vaksinasi Diharapkan Dapat Mencegah Terjadinya Penularan Covid-19


KALTENG- http://Inovasiborneo.co.id-.  Gubernur  Kalteng H. Sugianto Sabran kembali menyampaikan Press Release  melalui Tim Satgas mengenai perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di Kalteng, Rabu (12/1/2022).


Dalam releasenya melalui Satgas Penanganan Covid-19 Pusat disampaikan bahwa Badan POM mulai 10 Januari 2022 menyetujui 5 jenis vaksin Covid-19 sebagai booster, yakni CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma, Vaksin Pfizer, Vaksin AstraZeneca, Vaksin Moderna, dan Vaksin Zifivax. 


Kelima vaksin di atas masing-masing dikategorikan sebagai homolog, heterolog, atau bisa keduanya. Homolog sendiri berarti jenis vaksin primer atau vaksin dosis lengkap di awal sama dengan jenis vaksin booster, sedangkan heterolog jenis vaksin primer dan booster yang digunakan berbeda. 


Vaksin booster yang saat  ini diperuntukkan untuk usia 18 tahun ke atas dan minimal 6 bulan setelah didapatkan vaksin primer dosis lengkap. Besaran dosis yang diterima akan disesuaikan dengan rekomendasi yang sudah diberikan Badan POM.


Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah juga menyampaikan menghimbau agar selain dilakukan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan menjadi kebiasaan hidup sebagai tuntutan dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal ini dikarenakan sebagian masyarakat telah patuh protokol kesehatan, namun masih saja ada sebagian lainnya yang kurang memiliki kesadaran untuk menerapkan prinsip 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari keramaian.


Diharapkan dengan Perilaku sehat 5M dapat menjadi upaya pencegahan yang sangat penting. Melalui strategi pencegahan Covid-19 oleh Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah Bidang Perubahan Perilaku difokuskan pada peningkatan kepatuhan 5M. Setiap orang harus mau dan mampu melakukan perubahan perilaku kepatuhan 5M sehingga dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19.(may/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *