Gubernur Kalteng Ingin Kembangkan Potensi Komoditas Unggulan DAS Barito

BARSEL-http://Inovasiborneo.co.id-. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Barito Selatan, Jumat (3/12/2021). Adapun agenda kunjungan kerja Gubernur Kalteng tersebut adalah dalam rangka untuk meninjau potensi yang ada di Desa Danau Sadar.

Begitu tiba, rombongan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ini disambut oleh Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri dan jajaran serta Forkopimda Kabupaten. Setelah itu, Gubernur Sugianto Sabran didampingi Bupati Barito Selatan dan rombongan kemudian langsung mengamati potensi perikanan di Danau Sadar dengan menggunakan speedboat.

Selepas peninjauan, Gubernur Sugianto Sabran dalam sesi wawancara mengungkapkan bahwa kunjungan kerjanya kali ini adalah untuk melihat potensi komoditas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, khususnya Danau Sadar, untuk kemudian nantinya akan dibuat perencanaan untuk mengembangkan potensi tersebut, agar bisa memberikan nilai tambah bagi kemajuan pembangunan Kalteng.

“Nanti kami ada undangan ke Bupati DAS Barito, nanti akan disusun perencanaan yang matang, komoditi apa lagi yang harus kita tonjolkan di daerah DAS Barito. Andaikata seperti pertanian secara luas, palawija, terus ubi-ubian, terus di perikanannya apa, kita melihat kelebihan kita adanya Danau Sadar dan yang lain,” terang Gubernur Sugianto Sabran.

Gubernur menilai, upaya pengembangan potensi komoditas unggulan di DAS Barito ini perlu mendapatkan perhatian serius, demi memacu pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah, apalagi dengan akan dibangunnya Ibu Kota Negara (IKN) baru di provinsi tetangga, Kalimantan Timur.

“Tentu, kita harus siap-siap semuanya, apabila insyaalloh IKN tidak ada halangan, jadi berarti Kalimantan Tengah harus ambil bagian, harus ambil bagian, ya harus bekerja,” pungkas Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Turut mendampingi Gubernur Kalteng dalam kunjungan tersebut, antara lain Kepala Dinas PUPR Shalahuddin, Kepala Bappedalitbang Kaspinor, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Darliansjah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sunarti, Kepala BKD Lisda Arriyana, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Yulindra Dedi, dan Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Johni Sonder.

Sebelum kunjungan kerjanya di Kabupaten Barito Selatan tersebut, Gubernur Sugianto Sabran bersama rombongan dalam rangkaian kunjungan kerjanya ini juga terlebih dahulu melakukan peninjauan ke Bendungan Karau yang terletak di Kabupaten Barito Timur.(set/man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *