Kepala BRGM RI Hartono Tinjau Paludikultur di Desa Tanjung Putri

Palangka Raya – http://inovasiborneo.co.id-Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Republik Indonesia  Hartono meninjau Paludikultur di Desa Tanjung Putri, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (04/11/2021).

Demonstration plot paludikultur di Desa Tanjung Putri merupakan sebagai pilot project (proyek percontohan).

Kepala BRGM Tinjau Paludikultur di Desa Tanjung Putri, Kotawaringin Barat

BRGM terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui metode demonstration plot (demplot) paludikultur.

Paludikultur merupakan metode budidaya di lahan gambut tanpa adanya drainase. Praktiknya juga tidak dengan membakar lahan, sehingga lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Demplot paludikultur merupakan salah satu upaya BRGM dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat. Metode pertanian ini diharapkan bisa memberikan hasil optimal dalam memberdayakan lahan gambut.

Jenis tanaman yang dikembangkan dalam demplot paludikultur lahan gambut ini adalah pare, kacang panjang, tomat, cabai dan terong serta buah-buahan seperti alpukat, mangga dan sawo.

Sebagaimana diketahui, BRGM bekerja secara khusus, sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh untuk mempercepat pemulihan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut yang rusak pada areal restorasi gambut di sejumlah Provinsi diantaranya Kalteng, Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *