Sekda Farizal Fitri Sambut Kedatangan Menteri Kabinet Indonesia Maju Dibandara

Palangka Raya- IB- Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Kepala Staf Kepresidenan tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Selasa (6/4/2021) disambut langsung Sekda Provinsi Farizal Fitri.

Kunker dalam rangka peninjauan kawasan food estate di Dadahup, Kabupaten Kapuas dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia (RI) Luhut Binsar Pandjaitan  bersama Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono,  Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko,  Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian RI Wahyu Utomo dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Heriyanto.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini Menko Marves beserta rombongan akan meninjau lokasi Food Estate dan melihat langsung kegiatan tanam padi yang berada di Blok A5 Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. 

Rencananya Menko Marves beserta rombongan akan melakukan peninjauan lokasi bengkel alsin Food Estate di samping helipad, selanjutnya menuju ke titik lokasi olah lahan, penanaman dan infrastruktur irigasi.

Setibanya di Desa Bentuk Jaya, Menko Marves beserta rombongan disambut langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad,Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat danBupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, Diketahui, Gubernur Kalteng dan Forkopimda sudah mendahului berangkat ke Desa Bentuk Jaya melalui jalur darat.

“Hari ini menyambut Bapak Menko dan sejumlah Menteri untuk melihat kesiapan dan peningkatan food estate wilayah Kapuas dan Pulang Pisau, sekaligus memantau melalui udara,” ucap Gubernur H. Sugianto Sabran sebelum bertolak ke Kabupaten Kapuas.

Saat berada di Blok A5 Desa Bentuk Jaya, rencananya Menko Marves akan menyampaikan arahannya dan Gubernur Kalteng juga akan menyampaikan sambutannya.

 Pada kesempatan tersebut, Mentan, Menteri PUPR, Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kemenko Bidang Perekonomian dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi akan memberikan penjelasan terkait progres Food Estate.

Usai mengikuti kegiatan tanam padi, dilanjutkan dengan peninjauan olah lahan dan progres infrastruktur irigas oleh Gubernur Kalteng bersama Menko Marves beserta rombongan. Selain itu, rencananya juga akan ada dialog dengan Petani dan Konferensi Pers.

Sebagai informasi, Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

Lokasi food estate di Kalteng berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Prov. Kalteng. Food Estate ini merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Luas lahan yang akan dijadikan kawasan program Food Estate di Kalteng yakni seluas 165.000 Ha.

Turut Hadir dalam penjemputan diantaranya Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi, Kepala Biro Umum Setda Prov. Kalteng Lisda Arriyana dan Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu.

Sumber: mmc Kalteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *