WAKIL GUBERNUR KALTENG TINJAU PELABUHAN SEGINTUNG

Seruyan IB-Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Seruyan. Dalam kunjungannya tersebut, Wagub Kalteng Habib Ismail meninjau langsung Pelabuhan Segintung, Kota Kuala Pembuang, pada Rabu, 27 Januari 2021.

Turut mendampingi Wagub Kalteng dalam peninjauan Pelabuhan Segintung tersebut, antara lain Bupati Seruyan Yulhaidir, Wakil Bupati Seruyan Iswanti, Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kalteng Yulindra Dedy, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan, dan beberapa instansi terkait lainnya.

Dalam sesi wawancara usai peninjauan, Wagub Kalteng menjelaskan bahwa kunjungannya ini adalah dalam rangka melihat kesiapan Pelabuhan Segintung untuk dapat beroperasional. “Kita hari ini kunjungan ke Pelabuhan Segintung. Kita mengharapkan karena di sini sudah masuk Rencana Strategis Provinsi, untuk mengoperasionalkan pelabuhan ini, agar cepat difungsikan,” jelas Wagub Habib Ismail.

“Tadi juga kita ngobrol dengan Pak Bupati, untuk mempertanyakan kesiapannya. Ternyata dari Kadishub Kabupaten juga bilang bahwa Segintung sudah siap dalam segala hal. Andaikata nanti memang akan difungsionalkan, maka segala kekurangan-kekurangan secepatnya akan ditanggulangi,” tambah Wagub Kalteng.

Wagub Habib Ismail pun berharap agar Pelabuhan Segintung ini dapat segera dioperasionalkan, sehingga akan memberikan daya dorong bagi peningkatan perekonomian di Kabupaten Seruyan. Wagub juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) akan mendukung Pemerintah Kabupaten Seruyan dalam peningkatan infrastruktur Pelabuhan Segintung.

“Kita sudah mengajukan ke Pemerintah Pusat untuk pembangunan jalan 9 km menuju pelabuhan ini. Kita berharap Pelabuhan Segintung ini, yang lokasinya cukup strategis, secepatnya bisa fungsional. Kita sudah berbicara dengan PELNI, PELINDO, dan yang lainnya, bahwasanya dalam waktu dekat ini, insyaalloh, ada beberapa kapal yang mungkin disandarkan di sini, untuk mengangkat perekonomian masyarakat Kabupaten Seruyan,” ungkap Wagub Habib Ismail.

Senada dengan Wagub Kalteng, Bupati Seruyan Yulhaidir juga menyatakan, dengan beroperasionalnya Pelabuhan Segintung akan dapat menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Seruyan. Untuk itu, Bupati Seruyan meminta dukungan Pemprov Kalteng, khususnya peningkatan jalan menuju pelabuhan. “Rencananya PELNI akan melakukan proses bongkar muat, barang maupun orang di sini (Pelabuhan Segintung). Harapan kita supaya ada juga geliat ekonomi dari hadirnya pelabuhan ini,” tandas Bupati Yulhaidir.

Lebih lanjut, Bupati Seruyan Yulhaidir pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan harapannya atas kunjungan Wakil Gubernur tersebut. “Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pak Wakil Gubernur di Kabupaten Seruyan.

Mudah-mudahan banyak hal positif yang beliau bawa, untuk mengembangkan (dan) membangun Kabupaten Seruyan, khususnya untuk berfungsinya Pelabuhan Segintung,” pungkas Bupati Seruyan. (Set/Dmr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *