Terkait Food Estate Gubernur Sugianto Sabran Hadiri Rakor Bersama Presiden RI dan Menteri Terkait

PalangkaRaya-IB-Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran mengikuti Rapat Terbatas melalui video conference yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bertempat di Gedung Smart Province Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov Kalteng, Rabu (23/09/2020).

Agenda Rapat kali ini tentang Lanjutan Pembahasan Food Estate.Rapat Terbatas diikuti oleh seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju terkait secara virtual, diantaranya Menko Perekonomian, Mentan, Menhan, Menkeu, Menteri ATR dan Menteri PUPR.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan penyediaan ketahanan pangan Nasional adalah agenda strategis dalam  rangka mengantisipasi kondisi krisis pangan akibat pandemi Covid-19 yang sudah berkali kali dingatkan oleh World Health Organization (WHO) mengenai krisis pangan dunia. Hal ini juga untuk mengantisipasi perubahan iklim serta mengurangi ketergantungan pada impor pangan.


Lebih lanjut Joko Widodo menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat saat ini telah menyiapkan lahan progran Food Estate sementara ini di dua lokasi diantaranya di Prov. Kalteng tepatnya di Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Kabupaten Gunung Mas serta Prov. Sumatera Utara.
“Ini yang kita prioritaskan terlebih dahulu meskipun juga ada rencana akan kita lanjutan setelah ini, dimulai pengkajian di lapangan untuk di Prov. yang lain yaitu di Papua, NTT, Sumatera Selatan, tetapi ini akan kita diskusikan setelah program Food Estate di Prov. yang diproritaskan sudah berjalan”, tutur Presiden Joko Widodo.
Presiden juga menghimbau kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju terkait untuk segera menyelesaikan beberapa masalah ataupun kendala yang perlu segera diselesaikan diantaranya berkaitan dengan kepemilikan lahan di area Food Estate dan perumusan rencana induk pelaksanaan  Food Estate.


Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam kesempatan tersebut memaparkan terkait persentase penduduk yang bekerja di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, perburuan dan perikanan (%). Selain itu, H. Sugianto Sabran juga memaparkan terkait pertumbuhan ekonomi Kalteng sejak tahun 2016-2020 sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *