Luasan Lahan HPH Pulpis Masih di Pertanyakan

Pulang Pisau -IB- Dikabarkan Pihak Kementerian Pusat meminta agar menyiapkan lahan untuk Transmigrasi khusus kepada pemerintah daerah kabupaten Pulang Pisau (Pulpis)  sebanyak 5 ribu hektar.

Hal itu dibenarkan Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, S.,Sos.MM, melewati Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau, Drs. Farisco J.S Ibat, MS.i beberapa waktu yang lalu, Senin (22/06/2020).

Transmigrasi khusus yang diminta pihak kementerian itu kata Farisco, untuk mendukung setelah berjalannya program food estate.

Secara Faktual diatas kertas, ujar Farisco membeberkan, Hak Pengusaha Hutan (HPH) di kecamatan Maliku tepatnya di Desa Badirih cukuplah luas berkisar 8 ribu hektar. sedangkan daya tampung eks Transmigrasi yang dulu masih ada sekitar 1.156 hektar. jadi keseluruhan berkisar 9.700 sekian.

“Tapi kita mempertanyakan apakah lahan itu masih ada ” ucap Farisco sambil mempertanyakan.

Untuk mengetahui jawabannya, Farisco jelaskan akan menantikan hasil dari tim Direktorat Jenderal (Dirjen) Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans) yang turun kelampangan untuk mengumpulkan datanya.

Selain itu, Farisco ungkapkan bahwa terkait hal itu, bukan kewenangan putusan  Disnakertrans saja melainkan kewenangan  Bupati Pulang Pisau. (Drt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *