Per 1 Januari 2022 Gubernur Sugianto Sabran Hentikan Bauksit Keluar Kalteng

KALTENG- http://Inovasiborneo.co.id– Gubernur Kalimantan Tengah H.  Sugianto Sabran  dalam Optimalisasi pengelolaan sumber daya alam, agar sumber daya alam di Kalimantan Tengah dapat ditingkatkan nilai gunanya sebelum dipasarkan keluar Kalimantan Tengah,  dan mampu menyerap tenaga kerja setempat. 

Hilirisasi yang dicita-citakan adalah untuk mensejahterakan  masyarakat Kalimantan Tengah, bukan untuk mensejahterakan segelintir orang saja dan menyisakan dampak buruk khususnya bagi masyarakat setempat.

Sebagai seorang Gubernur yang  merupakan “Bapak” bagi masyarakatnya, tentu memiliki tanggung jawab yang teramat besar, tanggung jawab untuk memastikan kesejahteraan dapat dirasakan oleh segenap masyarakat Kalimantan Tengah. 

Dalam beberapa kesempatan Gubernur Sugianto Sabran kerap mengungkapkan bahwa Sumber daya alam di Kalimantan Tengah  sangat melimpah, tentu harus dapat dirasakan oleh seluruh masyarakatnya  melalui Pendidikan, Kesehatan dan Pembangunan Infrastruktur.

Indonesia tercatat memiliki cadangan bauksit mencapai 2,96 miliar ton. Cadangan bauksit Indonesia diperkirakan mencapai 92 tahun, dan di Kalimantan Tengah diantara sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah bauksit. Melihat hal ini kita harus bijak, tidak bisa kita ekplorasi membabi buta tanpa memperhatikan dampak lingkungan dan nilai manfaat yang dirasakan masyarakat.

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran Menegaskan hilirisasi industri di Kalimantan Tengah harus dilakukan sekarang , agar bernilai lebih baik dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitarnya. 

“ Saya sudah menyurati kementerian terkait, bahwa bahan mentah bauksit per  Januari 2022 tidak boleh keluar dari Kalimantan Tengah, bahan mentah  harus bisa diolah, minimal barang setengah jadi” tegas Sugianto Sabran di ruang kerjanya Jum’at ( 12/11/2021).

Lebih lanjut Suginto mengungkapkan bahwa Pemeerintah Provinsi Kalimantan Tengah menjamin iklim usaha khususnya keamanan berinvestasi di Kalimantan Tengah.

“Kami selalu terbuka kepada semua pihak yang ingin berinvestasi, kami akan memberikan layanan yang cepat dan tepat, namun kami juga tidak akan ragu-ragu untuk bertindak tegas terhadap praktek berusaha yang tidak sesuai dengan ketentuan” tegas Sugianto Sabran. 

Langkah yang dilakukan oleh Suginto Sabran terkait penghentian sementara berupa  sumber daya alam bahan mentah bauksit keluar  dari Kalimantan Tengah  sangatlah beralasan, karena kurang berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

 Hilirisasi menjadi sangat penting karena akan berdampak pada perekonomian secara luas, diantaranya penyerapan tenaga kerja serta peningkatan PAD yang dapat dirasakan melalui  pembangunan berbagai sektor strategis. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *