Ketua Dekranasda Kunjungi UMKM Unggulan Sukamara Pengrajin Kerupuk dan Amplang

SUKAMARA – IB-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukamara, Rabu (13/10/2021).

Mendampingi Ketua TP PKK Kalteng dalam kunjungan kerja kali ini, antara lain Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalteng Linae Victoria Aden, serta sejumlah pengurus TP PKK Kalteng.

Mengawali kunjungan kerja ini, Ketua TP PKK Kalteng beserta rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi anak sekolah di SMK Negeri 1 Sukamara. Setibanya di SMK Negeri 1 Sukamara, rombongan disambut Ketua TP PKK Kabupaten Sukamara Hj. Siti Zulaikha Windu Subagio, istri Wakil Bupati Sukamara Hj. Hatmayati Ahmadi, istri Sekretaris Daerah Kabupaten Sukamara Ade Mariani Rendy Lesmana, sejumlah kepala dinas terkait, dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sukamara.

Seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Ketua TP PKK Kalteng menuju Puskesmas Sukamara yang dilanjutkan dengan meninjau pemeriksaan kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya hari ini, Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Provinsi Kalteng tersebut juga menyempatkan diri untuk mengunjungi TK Negeri Pembina 2 Sukamara.

Sementara itu, dalam rangka memberikan dukungan terhadap usaha kecil dan menengah, Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi Kalteng tersebut mengunjungi sentra pengrajin kerupuk dan amplang Hj. Aluh Anga yang berlokasi di Jalan Cakra Adiwijaya, Kelurahan Mendawai, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara.

Ivo Sugianto Sabran menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan vaksinasi yang berjalan relatif lancar. “Alhamdulillah tadi pelaksanaan vaksinasinya lancar. Untuk Kabupaten Sukamara, hari ini mendapat 500 dosis vaksin kedua di SMK Negeri 1 Sukamara,” ungkapnya.

Ivo berharap, dengan semakin banyaknya masyarakat yang telah divaksin, maka akan tercipta kekebalan kelompok, sehingga aktivitas bisa kembali seperti semula. “Dan, ini merupakan bagian dari persiapan kita untuk PTM (Pembelajaran Tatap Muka) sambil juga menerapkan protokol kesehatan walaupun sudah divaksin,” imbau Ketua TP PKK Kalteng tersebut.

Ivo pun mengapresiasi bahwa pelaksanaan PTM di SMK Negeri 1 Sukamara sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. “Semoga ini berkelanjutan, tolong dipantau. Nggak pas saya datang aja, tapi juga berkelanjutan supaya menurunkan angka Covid di Sukamara, supaya tidak menjadi klaster baru,” imbaunya.

Ivo juga mengimbau kepada para siswa yang baru saja divaksin agar beristirahat karena pada umumnya akan terjadi reaksi tertentu pasca imunisasi. “Namun, Insya Allah setelahnya imun tubuh makin kuat,” terang Ivo Sugianto Sabran.

Terkait kunjungan ke sentra usaha kecil dan menengah, Ivo mengemukakan bahwa dalam kegiatan di salah satu UMKM unggulan Sukamara tersebut, dilakukan sharing atau berbagi informasi mengenai kendala yang dihadapi, khususnya selama masa pandemi Covid-19 di mana penjualan dan produksi sempat terjadi penurunan. “Akan kita bantu dengan pemasaran online.

Ini juga dari Dekranasda mau ada website yang tidak hanya kita mempromosikan tapi kita juga bisa jualan di situ. Dan, ini juga nanti ke depan kita juga akan bantu HAKI-nya, Hak Kekayaan Intelektualnya supaya dipatenkan menjadi produk khas Sukamara dan itu gratis memang program dari Pemerintah Provinsi,” imbuh Ivo Sugianto Sabran.

Mengakhiri kunjungan kerja hari ini, Ketua TP PKK Kalteng beserta rombongan juga dijadwalkan mengunjungi Pantai Putra Sekawan di Desa Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara untuk menggelar acara ramah tamah. (red*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *