Dalam Rangka Pemeringkatan Informasi Publik Tim Komisi Informasi (KI) Kunjungi Kadislutkan Prov. Kalteng

Palangka Raya – IB-Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Prov. Kalteng H. Darliansjah bersama Ketua Tim Pejabat Publikasi Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dislutkan Yuliani menerima kunjungan Tim Komisi Informasi (KI) di Kantor Dislutkan Prov. Kalteng, Jumat (8/10/2021) siang.

 Visitasi Tim Penilai 1 KI Prov. Kalteng tersebut dalam rangka pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021.

“Untuk penilaian tahun 2020 lalu kami tidak melakukan visitasi, dan kami lakukan dengan cara pengiriman kuisioner, tanya jawab, pemantauan website Dinas terkait, serta presentasi perwakilan PPID tiap OPD. Kemudian, tahun 2021 ini baru bisa kami lakukan penilaian secara visitasi,” ungkap Ketua Tim KI Prov. Kalteng, Daan Rismon.

“Seperti kita ketahui pada tahun sebelumnya, Dislutkan Prov. Kalteng meraih Peringkat 1 dengan nilai 96,54 dan kualifikasi Informatif. Bahkan sekarang banyak OPD lain yang merasa terpacu untuk mencontoh Dislutkan menjadi badan publik yang informatif tersebut. Tim KI pun berharap Dislutkan Kalteng mampu mempertahankan peringkat tersebut,” imbuh Daan Rismon.

Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng Terima Visitasi Tim Penilai Komisi Informasi

Kadislutkan saat menyampaikan sambutannya di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan

Darliansjah selaku penanggung jawab PPID Dislutkan dalam sambutannya menjelaskan terkait slogan khas Dislutkan yaitu Komitmen ASN BerAKHLAK & SUKA IKAN.

ASN BerAKHLAK & SUKA IKAN merupakan kepanjangan dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaborasi, Sinergitas, Unggul, Kompetitif, Andalan, Inovatif, Kreatif, Ahli, Networking.

 Darliansjah juga menyebutkan, inovasi-inovasi layanan publik yang ada di dinasnya berupa website Dislutkan Kalteng (www.dislutkan.kalteng.go.id), media sosial facebook dan instagram, serta aktif sebagai kontributor MMC Kalteng.

“Selain inovasi-inovasi yang disebutkan tadi, kami juga ada website geoportal laut berkah(www.geoportallautberkah.kalteng.go.id) namanya, web tersebut salah satunya akurasi data, pengumuman informasi layanan terkait hak-hak masyarakat, wisata pantai, dan alokasi ruang laut. Kemudian, kami juga memiliki aplikasi mobile layanan PPID berbasis android dan masih dalam pengembangan,” jelasnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng Terima Visitasi Tim Penilai Komisi Informasi

Dalam visitasi itu, Tim Penilai KI juga berkesempatan melihat Ruang PPID Dislutkan Prov. Kalteng yang digunakan oleh Tim PPID untuk melakukan kegiatan publikasi, arsip publikasi berita dan artikel serta dokumen-dokumen lain.

Sistem publikasi dan inovasi pelayanan publik yang baik, tidak lepas dari adanya sinergitas oleh seluruh ASN Dislutkan, terutama Tim PPID yang ada di dalamnya.

“Saya dan pejabat struktural ini bertugas mendorong yang muda-muda di dalam tim kami agar terus berinovasi dan konsisten, lebih-lebih bisa menjadi inspirasi oleh OPD lain, atau bahkan diharapkan bisa menjadi perwakilan Kalteng dalam keterbukaan informasi ke penilaian nasional. Saya bangga dan merasa senang atas kehadiran Tim Penilai KI hari ini,” tutup Darliansjah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *