Festival Seni dan Qasidah Tingkat VIII Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 Resmi dibuka Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo.

Wagub Buka Festival Seni dan Qasidah VIII Tingkat Prov Kalteng


Kalteng – IB–  Festival Seni dan Qasidah Tingkat VIII Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 resmi dibuka Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo.

Kegiatan ini dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Wakil Gubernur Kalteng, Kamis malam (10/7/2021). Kegiatan tersebut merupakan wahana pemilihan bintang vocalis Qasidah gambus dan pop religi.

Acara ini dihadiri secara virtual oleh Bupati/Walikota se-Kalteng, Ketua Umum LASQI Prov. Kalteng beserta jajarannya dan Ketua DPD LASQI Kabupaten/Kota se-Kalteng, Ketua Dewan Juri, Ketua Kafilah Festival Seni Qasidah se-Kalteng, Dewan Pembina DWP LASQI Habib Ismail Bin Yahya serta pihak terkait lainnya.

Festival Seni dan Qasidah adalah khazanah seni budaya religius Bangsa Indonesia dan wahana penting bagi kaum muslimin dari berbagai Daerah untuk bersilaturrahmi, berkomunikasi membangun kebersamaan dan persaudaraan sejati. Festival Seni dan Qasidah Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 diselenggarakan oleh DPW Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI).

H. Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menambahkan dengan adanya festival Seni Qasidah ini, disadari bahwa seni budaya Islam memiliki arti strategi sebagai dari pembinaan umat, oleh karenanya harus terus dikembangkan.

 Seniman-seniman muslim yang tersebar di seluruh Kalteng ini perlu lebih banyak berdialog, bertukar kreatiftas untuk terus mengembangkan berbagai jenis budaya yang bernafaskan Islam yang sesuai dengan perkembangan zaman, namun seni budaya tetap berpegang pada nilai-nilai ajaran Islam.

Melalui Festival Seni Budaya Islam seperti sekarang ini dengan lantunan syair dan lagu religi yang edukatif yang memotivasi para remaja sebagai generasi penerus bangsa, merupakan alat paling praktis dan persuasif guna membendung limbah yang merusak moral untuk memberikan manfaat bagi generasi penerus bangsa. 

Peran seni Qasidah adalah salah satu seni religius yang memiliki warna khas yang terdapat di daerah, kekhasan ini terlihat dari adanya perpaduan antara musik tradisional dan budaya lokal dengan musik padang pasir tempat pertama kali Islam disyiarkan. 

Perpaduan ini seolah menggambarkan adanya jalinan yang harmonis antara budaya daerah dengan ajaran Islam, Sebagai salah satu kekayaan dan khazanah budaya bangsa, seni Qasidah ini sudah sepantasnya mendapat perhatian dari Pemerintah dan pemikiran bersama-sama.

Diharapkan seni qasidah gambus ini mampu bersaing dengan kesenian lainnya dan tetap selalu mendapat tempat dihati penggemarnya. Untuk itu melalui LASQI kesenian ini harus terus dikembangkan, dipacu dan ditingkatkan kualitasnya karena memiliki misi yang cukup jelas yaitu seni sebagai media dakwah.

 Melalui karya seni budaya dalam membangun etika dan moral bangsa, membangun umat melalui nilai-nilai seni budaya Islam. 

Tujuan utama Penyelenggaraan Festival Seni Qasidah VIII Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 tidak akan mencari juara saja kemudian akan menjadi duta kafilah Kalteng ke tingkat Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 18 Nopember 2021 mendatang di kota Mataram Nusa Tanggara Barat ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *