Ikrarkan Kebulatan Tekad Mempertahankan dan Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila

PALANGKA RAYA-IB-. Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 diperingati secara virtual dan disiarkan secara langsung dari Monumen Pancasila Sakti, Jakarta.

Penjabat Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin mewakili Gubernur Kalteng menghadiri upacara tersebut dari Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur, Jumat (1/10/2021).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Presiden RI Joko Widodo. Turut hadir pula Ibu Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri, ibu Wury Estu Handayani, Panglima TNI dan Kepala Kepolisian RI.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyala Mataliti hadir sebagai pembaca teks Pancasila, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sebagai pembaca Naskah UUD’45, Ketua DPR Puan Maharani membaca dan menandatangani ikrar.

Dalam ikrar yang dibacakannya, Puan Maharani atas nama Bangsa Indonesia mengikrarkan kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seusai upacara, Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma’ruf Amin beserta penyelenggara upacara ini yakni Menteri Pedidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua DPR Puan Maharani, mengunjungi lokasi lubang buaya dan sesaat memanjatkan doa diiringi lagu Gugur Bunga yang dipersembahkan secara virtual oleh paduan suara dan orkestra dari 47 pelajar dan mahasiswa.

Adapun tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”. Selain para Menteri tersebut di atas, para pimpinan lembaga Negara/Instansi pusat, upacara ini diikuti pula oleh para Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia.

Sejumlah anggota Forkopimda Kalteng turut serta mendampingi Pj. Sekda Nuryakin dalam upacara tersebut antara lain Wakil Ketua DPRD Kalteng, Kasrem 102/PJG, pejabat mewakili Kapolda, mewakili Kajati, mewakili Kepala Pengadilan Tinggi, mewakili Kumham dan mewakili Kabinda Kalteng, serta sejumlah kepala perangkat daerah lingkup Pemprov Kalteng. (dew/dmr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *