DPRD Kobar Minta Pemkab bantu petani Terdampak Banjir

KOBAR-IB- September 2021. Musibah banjir akibat meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat tidak hanya membanjiri pemukiman warga, tapi juga merendam lahan pertanian, sehingga mereka perlu dapat perhatian dari pemerintah daerah agar para petani tetap bisa berproduksi.

Anggota DPRD Kobar, Mina Irawati mengatakan berdasarkan informasi dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) ada 30 hektare lebih lahan pertanian yang terdampak banjir di 3 Kecamatan, tentunya kejadian ini sangat merugikan bagi petani.

“Melihat kondisi saat ini kami sangat prihatin, bahkan banjir telah terjadi di di Kecamatan Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng dan Arut Selatan, ini merupakan ujian bagi kita semua disaat kita masih di hadapi masalah Pandemi Covid-19,” ujarnya, Jumat 10 September 2021.

Lanjutnya, pemerintah daerah segera memberikan bantuan kepada para petani yang lahannya terdampak banjir, sebab kondisi saat ini tentunya membuat para petani kita harus mengalami kerugian akibat banjir, apakah bantuan berupa bibit maupun bantuan untuk modal.

“Jadi lahan pertanian yang terdampak banjir sebagian besar lahan tanaman padi dan sayur mayur, kesemuanya untuk memperkuat ketahanan pangan daerah kita, jadi pemerintah daerah harus hadir meringankan beban para petani,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Mina harapkan dinas terkait lakukan pemetaan lahan pertanian yang kerap kali di genangi banjir agar bisa dicarikan solusinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *