Dewan : Perluas Program Pekarangan Pangan Lestari

Kalteng -IB- Agustus 2021. Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan bagi masyarakat, dimasa masih mewabahanya Pandemi Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat, diharapkan pemerintah daerah dapat memperluas program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), dengan lebih banyak membentuk Kelompok Tani wanita (KTW) di Kobar.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali. Menurutnya, program P2L ini selain memanfaatkan lahan pekarangan juga menambah penghasilan bagi masyarakat.

“Program Pekarangan Pangan Lestari ini merupakan program Kementrian Pertanian, dimana pusat memberikan bantuan dana melalui dana Alokasi khusus (DAK) non fisik, dan bantuan tersebut masuk kerekening masing masing kelompok tani wanita, kegiatan ini sangat luar biasa dan tentunya snagat membantu masyarakat,” kata Politisi Partai Golkar.

Rusdi juga menambahkan, kedepannya agar Dinas terkait lebih memperluas lagi pengembangan program P2L ini, sebab kegiatan ini di lakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif. Tentunya melalui kegiatan ini sebagai gerakan menghidupkan kembali semangat untuk bertani.


Lanjut Rusdi Gozali, guna mencapai tujuan tersebut, kegiatan pekarangan pangan lestari ini dilakukan melalui pendekatan pengembangan pertanian berkelanjutan, dengan memberdayakan masyarakat. Dan kegiatan ini selaras dengan visi dan misi Pasangan Nurani (Nurhidayah – Ahmadi Riansyah) yakni mengembangkan pertanian dalam arti luas.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *