Pemerintah Pusat Kembali Menambah Jumlah Penerima Bantuan Sosial Beras di Kalimantan Tengah

KALTENG, IB-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial RI kembali menambah jumlah penerima bantuan Sosial (Bansos) beras dalam rangka membantu masyarakat terdampak Covid-19 di seluruh Indonesia, dan termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah.

Adapun sasaran bantuan sosial beras tambahan ini adalah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) non program Keluarga Harapan (PKH) 40.997 KPM.

Pelaksanaan bantuan sosial beras ini adalah Perum Bulog Divisi Regional Kalteng dengan transporter/penyalur PT POS Indonesia. Adapun distribusi tersebut sudah berlangsung sejak hari Senin 09/08/2021.

Dengan adanya tambahan dari Pemerintah ini, maka total KPM di Provinsi Kalimantan Tengah yang menerima bantuan sosial (bansos) beras tersebut mencapai 145.316 KPM, dengan perincian sebagai berikut: KPM BST 57.413 KPM, KPM PKH 46.906 KPM, dan BPNT non PKH 40.997 KPM, jadi setiap KPM menerima bantuan beras berkualitas medium sebanyak 10 kilogram dengan demikian, jumlah dari keseluruhan alokasi beras mencapai 1.453.160 kilogram.

Dan sebelumnya Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, diwakili oleh penjabat Pj. Sekretaris Daerah Nuryakin, secara resmi memulai penyaluran bansos bagi KPM terdampak bencana non alam wabah Covid-19 di Provinsi Kalteng, pada hari Minggu 25/07/2021, yang bertempat di Lobi Kantor Gubernur.

Program bantuan ini merupakan bagian dari program perlindungan sosial masyarakat bagi masyarakat miskin atau terdampak Covid-19 dimana penyaluran telah dilakukan Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial RI melalui berbagai program, seperti PKH, Program BPNT atau program sembako, dan BST sebagai program khusus dalam penanganan Covid-19 sejak tahun 2020, serta program bantuan sosial beras mulai pertengahan tahun 2021.

Bantuan Sosial Beras merupakan bantuan tambahan dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemberlakuan Pembebasan
kegiatan Masyarakat (PPKM) yang juga dilaksanakan di Provinsi Gubernur Sugianto Sabran berharap bantuan sosial ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi.

Gubernur juga berpesan kepada warga masyarakat yang menerima bansos beras dan bantuan sosial tunai agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

Sementara kepada jajaran PT POS Indonesia dan Perum. Bulog Divisi Regional Kalteng, dan Gubernur berharap agar penyaluran bantuan sosial ini dapat dilaksanakan secepatnya, sehingga warga masyarakat sebagai penerima bantuan dapat segera merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *