Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Membuka Kongres DAS

PALANGKA RAYA – IB Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran menghadiri sekaligus membuka Kongres I Masyarakat Dayak Lintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalteng, yang digelar di Gedung Indoor Sports Center, Palangka Raya, Kamis malam (17/09/2020).

Kongres I Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng ini dihadiri oleh para tokoh adat dan para ketua pengurus dari 11 DAS. Turut pula hadir Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dan Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran. Tujuan diselenggarakannya Kongres ini menurut Ketua Panitia, Ducun Helduk Umar, guna menindaklanjuti rapat yang dilaksanakan Pemuda Dayak Lintas DAS sebelumnya yang sepakat untuk memberi kesempatan seluasnya kepada masyarakat Dayak lintas DAS berbicara dalam forum yang lebih besar mengenai berbagai macam persoalan yang dihadapi masyarakat Dayak lintas DAS. Diharapkan dari Kongres ini nantinya lahir organisasi masyarakat Dayak lintas DAS Kalteng yang akan secara berkesimbangunan menggelar kongres tiga tahun sekali.

Sementara itu Gubernur dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Kongres I Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalimantan Tengah ini. “ Harus ada yang menjaga petak danum Kalteng. Masyarakat adat dengan pemerintah harus bersama-sama bertanggungjawab menjaga harkat dan martabat masyarakat Kalteng. Kongres ini merupakan bukti semangat DAS orang Dayak se-Kalteng,” ungkapnya. Lebih lanjut Gubernur berharap sesama masyarakat Dayak untuk bersatu padu, saling menghargai, saling membantu, saling menjaga agar fondasi ekonomi masyarakat Dayak semakin kuat.

Melalui kongres tersebut, Gubernur mengharapkan ada rekomendasi yang disampaikan mengenai berbagai masalah yang selama ini dihadapi masyarakat Dayak di lintas DAS. “ Itu memang tanggung jawab kami selaku pemerintah, dimana kita hadir di situ, kita berbuat baik untuk membantu orang lain,” ucap Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan harapannya agar pengurus bersama masyarakat dan pemerintah bersinergi memberi konstribusi dalam pembangunan bagi kepertingan Kalimantan Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *