GUBERNUR KALTENG DUKUNG DIVERSIFIKASI PANGAN LOKAL

Palangka Raya – IB-Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Endang Kusriatun mengikuti kegiatan Pencanangan Diversifikasi Pangan Lokal 2020 oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo secara virtual melalui video conference, Rabu (19/08/2020) di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur, Palangka Raya.

Gerakan Diversifikasi Pangan ini digelar sebagai upaya untuk mendorong ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Sugianto mengharapkan setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok masyarakat, perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus menerus untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat untuk mengkonsumsi pangan lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (BZSA) menuju terwujudnya Kalteng BERKAH.

“Saya berharap dengan momen Gerakan Diversifikasi Pangan lokal ini, masyarakat Kalimantan Tengah dapat mengkonsumsi pangan lokal dan kurangi makan nasi dan makan lebih beragam jenis makanan.

Seiring dengan meningkatnya konsumsi pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman, masyarakat nantinya akan memperoleh gizi yang baik dan mampu menurunkan angka stunting di masyarakat Kalteng. Pengembangan diversifikasi pangan adalah salah satu upaya untuk peningkatan ketersedian pangan dalam era new normal. Perlu sinergi antar stakeholders dan memberdayakan UMKM pangan lokal”, ungkap Sugianto Sabran.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan gerakan diversifikasi pangan ini mewakili harapan dan kebutuhan dari seluruh rakyat Indonesia agar ketahanan pangan tetap kokoh, yang memperkuat hadirnya negara yang sejahtera.

“Hari ini kita mengkampanyekan gerakan Diversifikasi Pangan Lokal. Kita nyatakan diverifikasi pangan lokal adalah kekayaan dan budaya bangsa. Bukan hanya beras yang kita miliki. Tapi yang kita miliki berbagai pangan lainnya. Tidak hanya beras, ada ubi-ubian, jagung, sorgum, sagu, kentang, labu dan lainnya” ujarnya.

Lebih lanjut Mentan mengungkapkan, upaya sekecil apapun akan menjadi langkah untuk turut memperkuat ketahanan bangsa yang artinya kita memiliki kekuatan dan kemampuan bersama.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng Ati Mulyati dan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng Lilis Suryani.(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *