DPRD Kalteng Apresiasi Kerukunan Dan Keharmonisan di Kabupaten Kapuas.

KUALA KAPUAS, IB – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kapuas terima kunjungan kerja dari Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Daerah Pemilihan (Dapil) V dalam rangka peninjauan, bertempat di Aula Kesbangpol Kabupaten Kapuas, Jalan Pemuda Km 3,5, beberapa waktu yang lalu.

Dalam kunjungan tersebut hadir Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Wiyatno dan Tim Dapil V Kalimantan Tengah lima, yang mana di sambut langsung oleh Pj Sekda Kapuas H Masrani, didampingi Kaban Kesbangpol Kapuas Marlina K, serta Ketua Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Drs H  Masyumi Rivai dan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)  Darwandi.

Ketika di temui diruang kerjanya,  Kepala Kesbangpol Marlina  menyampaikan bahwa hasil dari kunjungan tersebut, Ketua DPRD beserta dengan anggotanya memberikan apresiasi kepada Kabupaten Kapuas yang dapat memelihara kerukunan dan keharmonisan antar suku, ras, dan agama yang telah terjalin dengan baik.

“Beliau menyampaikan bahwa agar kerukunan tersebut dapat di rawat dan dijaga bersama-sama melalui Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan forum-forum lainnya. Sebab unsur-unsur inilah yang berada paling depan dalam menjaga suasana Kabupaten Kapuas menjadi aman, tertib, dan tentram,” terang Marlina.

Ia mengungkapkan, hal ini terbukti dengan di terimanya piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri pada bulan September Tahun 2019 yang lalu, pada acara Gerakan Nasional Revolusi Mental, dimana kategori penilaian antara lain yaitu tingginya nilai toleransi antar umat beragama, tingginya partisipasi pemilih dalam pemilu, perilaku masyarakat yang kondusif dalam menjaga ketentraman dan ketertiban, mendukung demokrasi Pancasila, kerja sama antar komponen masyarakat, lembaga baik vertikal maupun horizontal dalam membangun daerah.

Kemudian, lanjut Marlina, diharapkan adanya sinergisitas antar Perangkat Daerah dan elemen masyarakat untuk dapat meminimalisir munculnya konflik, khususnya konflik sosial, melalui deteksi dan pencegahan dini.

“Diharapkan melalui kondisi yang sudah baik ini, di bawah kepemimpinan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, kita bersama saling menjaga kerukunan baik itu umat beragama maupun antar suku dan ras yang berbeda-beda,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *