Rahmanto Jadi Salah Satu Nara Sumber Dalam Rapat Koordinasi ASBUMDES Kalimantan Tengah.

Keterangan photo.

Rahmanto Ketua PKB Murung Raya saat berbicara pada Rapat Koordinasi ASBUMDES di Hotel Marimar Kota Palangka Raya.

Rahmanto Jadi Salah Satu Nara Sumber Dalam Rapat Koordinasi ASBUMDES Kalimantan Tengah.

Palangka Raya, Inovasi Borneo
Rapat Koordinasi ASBUMDES Kalimantan Tengah di gelar di salah satu hotel di Kota Palangka Raya dihadiri oleh DPP ASBUMDES Kalteng dan juga BUMDES Kabupaten/kota. Diantaranya, BUMDES kabupaten/kota yang hadir adalah BUMDES Seruyan, Kotim , Pulpis, Kobar, Barut, Lamandau, Kapuas dan Murung Raya.

Dalam rapat koordinasi tersebut seluruh BUMDES melaporkan jenis usaha dan perkembangan di daerah masing masing dan fakta menariknya, BUMDES ini tumbuh dan berkembang sangat pesat pada bidang usaha kerajinan dari rotan (produk lokal), jual beli karet dan rental alat berat ungkap Abdurahman Ketua ASBUMDES Kalteng.

Rivani sebagai Ketua Dewan Pengawas mengatakan, satu satunya Asosiasi Bumdes yg terbentuk dan terstruktur di Indonesia yakni di Kalteng. Oleh karena itu Rivani berharap ASBUMDES Kalteng ini dapat bersinergi dengan Program Kalteng Berkah.

Rahmanto saat berbicara menyampaikan, perlu ada sinergi antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan ASBUMDES Kalteng dan Pemkab/Pemkot bersinergi dengan ASBUMDES Kabupaten yang sudah terbentuk dan Pemdes bersinergi dengan BUMDES tingkat desa sesuai dengan potensi lokal masing masing daerah.

“Oleh karena itu, berharap kepada Gubernur dan Bupati Se Kalteng agar dapat membuat satu rumusan kebijakan dalam bentuk peraturan daerah yang mana dalam perda tersebut memuat kebijakan kebijakan di bidang permodalan untuk BUMDES melalui penyertaan modal baik tingkat provinsi, kabupaten dan desa”, ungkap Rahmanto. Rabu, (30/10/2019).

Sebelum menutup pembicaraannya, Rahmanto menambahkan, Bumdes dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat maka Gubernur, Bupati, Wali Kota melalui DiSPERINDAGKOP, DPMPD dapat melakukan pembinaan yang intens kepada Bumdes yang sudah terbentuk di Kalteng. Selain itu juga perlu adanya audiensi, duduk bersama antara ASBUMDES Kalteng, Pemprov dan DPRD dalam rangka membicarakan hal hal yang semestinya harus dilakukan bersama sama. (ap).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *